Titik Nol Kilometer Anyar

>> Kamis, 04 Februari 2010


Nama Anyer sudah terkenal sejak ratusan tahun yang lalu. Pasti banyak orang yang tahu jika awal tahun 1800-an Jenderal Willem Daendels membangun jalan sepanjang 1.000 kilometer dari Anyer hingga Panarukan di Jawa Timur. Jalan sepanjang pantai utara Pulau Jawa itu dikenal dengan nama Jalan Raya Pos atau Groote Post Weg. Tak banyak orang yang tahu di mana pangkal jalan raya yang dibangun dengan cucuran keringat dan darah jutaan warga pribumi itu. Jika ingin tahu letak pangkal Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan, datanglah ke sebuah pantai yang diberi nama Pantai Mercusuar Anyer di Desa Cikoneng. Sekitar tiga meter dari bibir pantai didapati sebuah tapal yang terbuat dari beton bercat warna biru. Di atas tapal itu tertulis, "0 KM Anyer-Panarukan 1806 AKL". Jika dilihat dari tulisannya, tapal itu merupakan tanda pangkal Jalan Anyer-Panarukan yang dibangun Daendels. Sekitar 10 meter arah timur tapal batas terlihat sebuah mercusuar bercat warna putih yang menjulang setinggi 52 meter.

0 komentar:

SEKILAS TENTANG FORNIBUDPAR

Forum Seni dan Budaya Pariwisata Anyar-Provinsi Banten merupakan sebuah wadah yang diharapkan dapat turut serta secara aktif dan aspiratif memberdayakan, mempublikasikan dan membangun penciptaan citra pariwisata di Banten khususnya di Anyar, kamipun menyadari bahwasanya hal itu bukan hanya tugas pemerintah tetapi lebih lengkap dan sempurna jika semua elemen masyarakat, pengelola maupun prilaku pelaku pariwisata menjadi pelaku utama suksesnya program pariwisata di Banten sesuai dengan Visi dan Misinya "Banten Sebagai Destinasi Pariwisata yang Berbudaya, Profesional dan Kompetitif"

Lorem Ipsum

MERCUSUAR BOJONG ANYAR

MERCUSUAR BOJONG ANYAR
Mercusuar ini dibangun pada tahun 1885, pada zaman kekuasaan Raja Willem III. Pada malam hari, lampu mercusuar tua ini masih digunakan untuk menyinari perairan Selat Sunda. Memberi tanda bagi kapal-kapal yang melintas agar tetap berlayar pada jarak 12 mil dari garis pantai, dan kapal tidak menabrak karang. Saat ini benda cagar budaya itu dibuka untuk umum. Siapa pun bisa memasuki ruangan dan naik hingga ke puncak mercusuar.

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP